Indonesia Ekspor 10.000 Ton Manggis Ke China

Indonesia Ekspor 10.000 Ton Manggis Ke China

Indonesia berpotensi mengekspor buah manggis ke China hingga 20.000 ton tahun ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa minat konsumen global terhadap buah tropis tersebut terus meningkat.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi menyampaikan saat ini produksi manggis asal Sumatera Barat siap mengekspor 10.000 ton manggis ke China. Adapun rencana ekspor tersebut tengah disiapkan PT Bumi Alam Sumatera di Kabupaten 50 kota dengan bantuan Kementerian Pertanian.

"Secepatnya dalam dua minggu atau sebulan ini siap ekspor, tidak terlalu lama sudah siap berangkat karena ini hampir rapi prosesnya," kata Suwandi

Menurut Suwandi, secara nasional terdapat potensi ekspor hingga 20.000 ton hingga akhir tahun ke China bila ditopang dengan produksi dari area Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Pasar China sebenarnya pernah dijajaki pada tahun 2012. Kala itu Indonesia mengekspor manggis hingga senilai 36 juta dollar AS atau 18,84 persen pangsa pasar ekspor manggis Indonesia.

Namun, hubungan perdagangan tersebut sempat terputus dan akhirnya terbuka lagi setelah Badan Karantina kedua negara menandatangani protokol manggis pada 11 Desember 2017 lalu. Hal ini kemudian diikuti dengan ekspor manggis perdana setelah sekian lama pada Januari 2018 lalu.

Suwandi mengatakan, pihaknya bakal terus meningkatkan investasi, ekspor dan hubungan dengan negara lain untuk meningkatkan ekspor buah. Khusus untuk ekspor buah manggis, Kementerian Pertanian memberi berbagai kemudahan investasi, pembinaan mutu produk petani, membantu proses registasi kebun, standar packaging house, pelayanan perkarantinaan dan lainnya untuk ekspor.

"Permintaan dari sana tinggi dan kita bantu dari persayaratan mutu, harus ada registrasi kebun yang jelas dan packaging house standar dan ada kontrolnya," ujar Suwandi.

No comments