Nilai Tukar Rupiah Akan Stabil Dalam Waktu Dekat

Nilai Tukar Rupiah Akan Stabil Dalam Waktu Dekat


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimis nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akan lebih stabil dalam waktu dekat. Pemerintah terus mengatasi pelemahan rupiah melalui beberapa kebijakan untuk menjaga kualitas pertumbuhan ekonomi.

Mulai dari kenaikan Pajak Penghasilan (PPh) Impor dari 900 komoditas impor, mendorong devisa dari sektor parawisata, hingga membuat skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus bagi pelaku UMKM yang bergerak di sektor parawisata pada awal Agustus 2018 lalu.

Semua langkah yang dilakukan pemerintah saat ini bertujuan untuk meningkatkan investasi serta mendorong laju ekspor. Dalam hal peningkatan investasi dan ekspor, pemerintah telah meluncurkan Online Single Submission (OSS) atau layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

Sementara di luar itu, pemerintah juga telah mengimplementasikan penggunaan bahan bakar nabati jenis biodiesel 20 persen atau B20 sejak 1 September 2018. Upaya ini ditempuh dalam rangka mengurangi impor minyak yang kontribusinya besar dalam keseluruhan impor Indonesia secara tahunan.
Pulihnya posisi neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan yang terkendali menjadi faktor yang dapat menguatkan nilai tukar rupiah dalam menghadapi gejolak perekonomian global, termasuk penguatan dollar AS di seluruh negara berkembang.

No comments