Ternyata, 6 Proyek Inilah Yang Jadi Andalan Pemerintah Kurangi Pengangguran

Pengangguran adalah salah satu masalah serius yang terjadi di masalah negara berkembang. Pemerintah telah mempersiapkan berbagai proyek untuk dapat menyerap tenaga kerja yang cukup signifikan atau padat karya. Proyek pemerintah yang disiapkan tersebut dalam hal pembangunan infrastruktur.

Seperti janji Presiden Jokowi pada saat kampanye dulu, akan menciptakan lapangan pekerjaan hingga 10 juta, jika dikalkulasikan per tahun maka pemerintah akan menyediakan lapangan pekerja bagi rakyatnya sebanyak 2 juta per tahun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, proyek padat karya pertama adalah pembangunan pembangkit listrik yang nantinya akan dilakukan oleh PT PLN (Persero).


Add caption


Tidak hanya itu, di kesempatan terpisah, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga mengungkapkan ada beberapa proyek yang ada di bawah pengawasannya yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Proyek tersebut diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran yang terus terjadi.

Jonan menyebutkan, proyek-proyek padat karya dalam belanja modal atau investasi yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan adalah:

1. Pembangunan jalur kereta api di Sulawesi.

2. Pembangunan kereta api Trans Sumatra, termasuk di Nanggroe Aceh Darusalam, Sumatera Utara, Jambi dan sampai ke Lampung, menyambung jalur kereta api yang ada;

3. Membangun jalur kereta api double track lintas selatan Jawa, karena yang lintas utara sudah diselesaikan pemerintahan sebelumnya;

4. Perbaikan dan peningkatan kapasitas hampir di 160 pelabuhan di seluruh Indonesia, dari Nanggroe Aceh Darussalam sampai Papua;

5. Perbaikan sekitar 80 bandara, dan perpanjangan runway, penguatan airside, perbaikan terminal bandara dan sebagainya, hampir di 80 lokasi;

6. Pembuatan 190 kapal laut yang dipesan oleh Kementerian Perhubungan.

Dengan jumlah pesanan tersebut, dipastikan banyak perusahaan galangan kapal di Indonesia akan terlibat yang juga akan menyerap banyak pekerja.


No comments