Hebat! 4 Tahun Pemerintahan Jokowi, Ekspor Terus Meningkat di Setiap Tahun nya

4 Tahun Pemerintahan Jokowi, Ekspor Terus Meningkat di Setiap Tahun nya
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, memaparkan kondisi ekspor RI selama empat tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla atau Jokowi-JK.

Enggartiasto menyebutkan, ekspor merupakan salah satu komponen penting dalam pertumbuhan ekonomi. Dia mengungkapkan, ekspor RI terus tumbuh dari tahun ke tahun.

"Mungkin seperti yang kita ketahui APBN fiskal hanya stimulan saja tahun ke tahun terjadi kenaikan dan kenaikan ini di atas yang telah ditetapkan dari parameter yang ada dari postur APBN dengan pertumbuhan yang ditetapkan. Konsekuensinya, pertumbuhan ekspor harus di angka tertentu," kata Enggartiasto di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Kinerja ekspor dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada 2015 sebesar USD 145,1 miliar, kemudian pada 2016 USD 168,7 miliar, 2017 USD 123,3 miliar, dan 2018 USD 134,9 miliar.

"Memang kenaikan yang di tahun 2017 itu mencapai 16 persen tetapi untuk 2017 ke 2018 target kita internal adalah 11 persen. Walaupun oleh pak menko dikatakan sebenarnya cukup dengan 6,8 persen tapi sampai dengan saat ini baru mencapai 9,81 persen di tengah situasi penuh ketidakpastian," ujar dia.

Enggartiasto optimistis Indonesia dapat menggenjot ekspor lebih tinggi lagi serta membuka banyak pasar baru. "Bahwa kita bisa meningkatkan ekspor atau market share. Bisa kita pertahankan atau paling tidak kita tingkatkan seperti perintah Pak Presiden," ujar dia.

No comments