Jokowi Bagikan Sertifikat Pada 12 Ribu Pekerja Konstruksi

Jokowi Bagikan Sertifikat Pada 12 Ribu Pekerja Konstruksi
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) akan kembali menggelar Konstruksi Indonesia 2018. Acara pameran konstruksi terbesar di Indonesia ini berlangsung di JIExpo Kemayoran pada 31 Oktober-2 November 2018.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan pada tahun ini, pameran tersebut mengangkat tema Ketahanan Masyarakat Jasa Konstruksi Indonesia Menghadapi Liberalisasi Perdagangan Barang dan Jasa dengan Fokus Utama pada Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Acara ini akan diisi dengan berbagai kegiatan dan acara. Namun, sebagai wujud nyata dalam mendukung pengembangan SDM di sektor konstruksi, pada ajang ini akan digelar pemberian sertifikat kepada 12 ribu ‎tenaga kerja konstruksi yang rencananya diserahkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat pembukaan pameran.

"Acara ini akan diadakan berdampingan dengan Indonesia Infrastructure Week 2018, pameran infrastruktur terbesar dan terlengkap di Indonesia. Konstruksi Indonesia 2018 akan menampilkan ribuan produk inovatif terhadap solusi bangunan dan konstruksi, workshop dan seminar Konstruksi Indonesia dengan mengangkat tema-tema menarik," ujar dia di Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Dia menjelaskan, tugas besar untuk menciptakan tenaga kerja konstruksi bersertifikat tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pemerintah.

Para pemangku kepentingan di sektor konstruksi, bersama masyarakat dan pemerintah, harus bekerja bersama meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja konstruksi dalam menghadapi era liberalisasi perdagangan jasa.

"Apalagi pada 2018-2019, pemerintah menargetkan target pembinaan tenaga kerja konstruksi Indonesia sebesar 3.324.177 per tahun untuk pemenuhan kompetensi tenaga kerja konstruksi. Tentu bukan tugas yang mudah," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum LPJK Ruslan Rivai menyatakan, LPJK selaku lembaga yang diberi tugas melaksanakan sertifikasi dan registrasi tenaga kerja konstruksi mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas serta perkembangan industri konstruksi di Indonesia.

"Melalui Konstruksi Indonesia 2018, selain sebagai wujud komitmen kami dalam mendukung program-program pemerintah terhadap pertumbuhan industri konstruksi di Indonesia. Kami juga melaksanakan misi peningkatan dan pengembangan pengetahuan dan teknologi di bidang jasa konstruksi serta pengembangan SDM konstruksi Indonesia," ucap dia.

No comments