Kominfo Sebut Foto Gerak Cepat FPI Bantu Gempa Palu Itu Hoax

Kominfo Sebut Foto Gerak Cepat FPI Bantu Gempa Palu Itu Hoax


Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan sejumlah konten berisi informasi hoax pascabencana gempa Donggala dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah.

Salah satunya ialah gerak cepat relawan Front Pembela Islam evakuasi korban gempa Palu 7,7 Magnitudo. Faktanya, kata Ferdinandus, dalam gambar tersebut adalah relawan FPI membantu korban longsor di Desa Tegal Panjang, Sukabumi.

Kemudian, hoaks mengenai penerbangan gratis dari Makassar menuju Palu bagi keluarga korban. Padahal faktanya, pesawat Hercules TNI AU menuju Palu diutamakan membawa bantuan logistik, paramedis, obat-obatan, makanan siap saji, dan alat berat. "Pemberangkatan dari Palu prioritas untuk mengangkut pengungsi diutamakan lansia, wanita, dan anak-anak, serta pasien ke Makassar," kata Ferdinandus.

Dari sejumlah hoaks yang beredar, Kementerian Kominfo pun mengimbau agar masyarakat tidak mudah mempercayai dan menyebarluaskan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya atau tidak jelas sumbernya.

Ferdinandus menuturkan, jika ada informasi yang diduga mengandung hoax baik seputar gempa Donggala dan tsunami Palu atau yang lainnya, masyarakat dapat melaporkannya melalui laman aduankonten.id, email [email protected] atau mention ke akun Twitter @aduankonten.

No comments