Rupiah Tidak Ada Masalah. Kenapa Mesti Risau ?

Rupiah Tidak Ada Masalah. Kenapa Mesti Risau ?
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan masyarakat tidak perlu risau dengan kondisi nilai tukar rupiah yang menyentuh angka psikologis baru di Rp15 ribu per dolar AS.

“Rupiah saya kira tidak ada masalah, kenapa mesti risau di Rp15 ribu. Saya bilang tidak perlu risau karena inflasi masih bagus dan utang masih rendah,” kata Luhut di Jakarta, Rabu (3/10).

Luhut beralasan, kekhawatiran terhadap nilai tukar rupiah itu tidak perlu dibesar-besarkan karena angka inflasi perekonomian nasional masih terbilang sangat bagus. Kemudian utang pemerintah pun dinilai masih dalam batas yang wajar.

"Malah kemarin saya di New York ketemu beberapa fund manager yang bilang Kenapa kalian utang tidak mau tambah lagi? Karena room kalian berutang masih luas," ujarnya.

Selain itu, Luhut memastikan bahwa sejumlah strategi pengurangan impor juga telah dilakukan pemerintah. Seperti misalnya dengan implementasi kebijakan soal B20, penguatan sektor pariwisata, serta peningkatan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN.

"Kenapa kita semua suka impor? Begitu banyak pungutannya. Sekarang Presiden bilang cukup. Tentu dengan keputusan yang dibuat kemarin itu, beberapa waktu ke depan akan baik," kata Luhut.

No comments