Pemerintah Rubah Iklim Usaha Turunkan Angka Pengangguran Jadi 5,13%

Pemerintah Rubah Iklim Usaha Turunkan Angka Pengangguran Jadi 5,13%
Presiden Joko Widodo mengatakan, tingkat pengangguran di Indonesia selama masa kepemimpinannya telah mengalami penurunan. prestasi tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah melakukan perombakan besar-besaran terhadap iklim kemudahan berusaha di Tanah Air.

Tujuan utamanya adalah membuat perekonomian bisa lebih produktif dan kompetitif, sambil terus meningkatkan kemandirian bangsa, sehingga bisa memberikan nilai tambah, terutama pembukaan lapangan kerja baru, dan menyerap pengangguran.

"Alhamdulillah, dengan kerja bersama, tingkat pengangguran terbuka semakin menurun dari 5,70% menjadi 5,13%," kata Presiden Jokowi di depan Sidang Tahunan MPR, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Selain memberikan kemudahan berusaha, pemerintah juga terus mendorong pendidikan tinggi untuk melakukan terobosan - terobosan, sehingga lulusan perguruan tinggi bisa lebih adaptif di era Revolusi Industri 4.0. Termasuk di dalamnya, kemampuan dalam literasi digital, serta mampu menumbuhkan lebih banyak lagi wirausahawan-wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif.

Jokowi mengatakan, pemerintah juga telah berupaya untuk mengangkat kelas Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan 40% lapisan masyarakat terbawah.

Untuk menyasar 40% lapisan masyarakat terbawah, Pemerintah tengah menjalankan program Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial, serta peningkatan akses permodalan bagi usaha ultra mikro, usaha mikro, dan usaha kecil.

No comments