Ternyata Investor Asing Sudah Masuk Jauh Sebelum Pemerintahan Jokowi

Investor Asing Sudah Masuk Jauh Sebelum Pemerintahan Jokowi
Pemerintah melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI mengeluarkan 54 bidang usaha dari Daftar Negatif Investasi (DNI) tahun ini. Sejak 2016, total kini ada 95 bidang usaha yang dikeluarkan dari daftar DNI.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, mengatakan bahwa kebijakan pemerintah tersebut tidak akan melemahkan industri domestik. Dan kebijakan terkait investor asing, lanjutnya, sudah ada sebelum pemerintahan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

Terkait dengan penanaman modal asing, Arsul menjelaskan bahwa sejarah liberalisasi atau membebaskan dari kontrol langsung pemerintah, sudah ada sejak tahun 1956, saat masa pemerintahan Presiden ke-2 RI Soeharto. Ia menerangkan, kala itu Soeharto memang telah melampirkan UU Nomor 1 Tahun 1967 tentang penanaman modal asing.

"Dan boleh dibilang sejak itu memang kemudian berbagai bidang usaha yang tadinya tertutup untuk asing, kemudian dibuka. Kemudian, tentu ada yang dibuka dimana asing dibolehkan mayoritas, bahkan 100 persen, itu sudah terjadi dan bahkan sejak pemerintahan Pak Harto itu sendiri dari awal," jelas Arsul di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Rabu (21/11).

Selain pada masa pemerintahan Soeharto, lanjut Arsul, pada masa pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, telah melahirkan UU Penanaman Modal Asing.

No comments