Survei LSI: Jokowi-Ma'ruf Amin Masih Kuasai Suara Pemilih Muslim

Survei LSI: Jokowi-Ma'ruf Amin Masih Kuasai Suara Pemilih Muslim
 Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan penelitian terkait sebaran suara pemilih muslim dalam Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dibandingkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar menyampaikan, total pemilih muslim di Indonesia minimal mencapai minimal 85 persen. Dalam survei tersebut kemudian dibagi menjadi lima kategori.

Pertama kategori asosiasi dengan ormas Islam. Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di segmen pemilih muslim Nahdlatul Ulama (NU) dengan 54,7 persen, tidak merasa bagian ormas Islam 58,9 persen, Muhamadiyah 50 persen, ormas Islam lainnya 60 persen, dan tidak tahu dengan 42,6 persen.

Sementara Prabowo-Sandiaga hanya unggul pada pemilih yang berada di segmen PA 212 dengan 61,1 persen. "Dari rangkaian semua ormas Islam yang ada di Indonesia, mayoritas pemilih memilih Jokowi-Ma'ruf Amin dalam konteks sekarang ini," tutur Rully di Kantor LSI Denny JA, Ramawangun, Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Kedua, kategori pandangan soal agama dan politik. Di pertanyaan agama dan politik tidak bisa dipisahkan, pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan 54,3 persen. Kemudian pertanyaan agama dan politik harus terpisah, Jokowi-Ma'ruf Amin juga unggul dengan 60,5 persen.

"Ketiga, kategori berdasarkan tipe ideal negara. Pertama Indonesia harus khas Pancasila, kedua Indonesia harus seperti dunia timur tengah, dan ketiga Indonesia harus seperti dunia barat," jelas dia.

Dalam seluruh segmen tersebut pun Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul. Di segmen Indonesia harus khas Pancasila dengan 54,2 persen, segmen harus seperti timur tengah 43,5 persen, dan harus seperti dunia barat 48 persen.

Keempat, berdasarkan praktik ibadah salat. Dengan kategori pertanyaan salat setidaknya sehari sekali, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan 57,9 persen. Sementara kategori salat hanya di momen tertentu, justru Prabowo-Sandiaga menang dengan 43,5 persen.

"Kelima, kategori berdasarkan praktik membaca alquran. Segmen pertanyaan membaca alquran setidaknya sebulan sekali Jokowi-Ma'ruf Amin 61 persen. Sementara membaca alquran hanya di momen tertentu, Prabowo-Sandiaga menang tipis 42,9 persen," kata Rully.

No comments