Inilah Cara Jokowi Cegah Konflik Sengketa Lahan Rumah Ibadah

Presiden Joko Widodo membagikan 253 sertifikat tanah wakaf di Masjid Agung Baiturrahman Ngawi, Jawa Timur.

Total sertifikat tanah wakaf yang diberikan di Jawa Timur sebanyak 7.700. tidak hanya di Jawa Timur, sertifikat tanah wakaf juga diberikan di berbagai provinsi lain.

Inilah Cara Jokowi Cegah Konflik Sengketa Lahan Rumah Ibadah


"Tanah wakaf juga banyak yang menjadi sengketa," ujar Jokowi usai menyerahkan sertifikat tanah wakaf secara simbolis, Jumat (1/2).

Ia mencontohkan sebelumnya ada Masjid besar di Jakarta yang menjadi sengketa. Sebelumnya tidak ada masalah, tetapi setelah harga tanah meningkat hingga Rp 120 juta per meter tanah tersebut menjadi masalah.

Tidak hanya di Jakarta, ada pula Masjid yang menjadi sengketa di wilayah Sumatra. Setengah dari bangunan masjid dipermasalahkan karena tidak memiliki sertifikat.

"Inilah kenapa kita percepat tanah wakaf agar memiliki tanda bukti hak hukum atas tanah yang namanya sertifikat," terang Jokowi.

Tidak hanya tanah wakaf, sertifikat juga diberikan bagi masyarakat. Target pembagian sertifikat pada tahun 2019 sebanyak 9 juta diperkirakan akan terlampaui. Tahun 2017 sertifikat yang dibagikan sebanyak 5,1 juta sertifikat. Sementara tahun 2018 pemerintah telah memberikan 9,4 juta sertifikat.

No comments